Sabtu, 27 Februari 2010

SEJARAH INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER

Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).Pengertian sejarah IMK ini lebih menekankan kepada sejumlah rangkaian perubahan paradigm/evolusi.
Evolusi Antarmuka bisa dijabarkan sebagai berikut :
Tahun 50an – Antarmuka pada level hardware untuk teknik (ex. switch panel)
Tahun 60-70an – Antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOL, FORTRAN)
Tahun 70-90an – Antarmuka pada level instruksi
Tahun 80an – Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. GUI, Multimedia)
Tahun 90an – Antarmuka pada level lingkungan kerja (ex. Sistem Network, Groupware)
Tahun 00an – Antarmuka berkembang dengan luas (ex. mobile device, interactive
Screen)
Salah satu contoh perubahan atau evolusi IMK adalah Mainframe yang sekarang menjadi Komputer pribadi(PC), Komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Disebabkan karena komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai di kalangan tertentu, misalnya para ilmuwan /ahli-ahli teknik.
Single user menjadi CSCW( Computer supported Cooperative work ). Teknologi pertama kali muncul ditahun 1940 dan 1950. Terdapat sejumlah tokoh dan dalil dalil yang mendukung perubahan teknologi tersebut diantaranya Vannevar Bush, Bush dan J.R Licklider.
Para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer.
Dipertengahan tahun 1960 komputer terlalu mahal untuk seseorang atau satu individu. Time sharing dapat meningkatkan kemampuan dalam pengaksesan, Sistem yang interaktif, pengolahan kata yang dapat dirubah2, dan dapat share sistem file, dan semua proses tersebut membutuhkan interaksi antara manusia dengan komputer.
Pada tahun 1963 Ivan Sutherland mencetuskan SketchPad yang termasuk SketchPad adalah Gambar secara hirarki dan subpicture, Konstrain, LightPen sebagai perangkat Input. Sketchpad milik Sutherland sebagai penunjuk sistem dalam perangkat tampilan video, dan komputer digunakan untuk visual dan memanipulasi data. Landmark dari Douglass Engelbart ditandai dengan sistem multimedia,mouse,Windows dan telekonferensing. Alan Kay juga menghasilkan Komputer seukuran notebook dengan multimedia dan bisa menyimpan apapun.
Personal komputer mulai diperkenalkan pada tahun 1970 oleh IBM PC. Sistem PC ini lebih powerfull dan mudah digunakan, ukurannya pun kecil untuk digunakan secara perorangan. Dipertengahan tahun 1970 Xeroc PARC mengeluarkan produk ALTO yaitu PC dengan sistem GUI. Dengan spesifikasi local processor,bitmap display, mouse Precursor to modern GUI,windows, menus, scrollbars LAN – Ethernet. Xerox Star ditahun 1981 adalah PC komersial pertama yang didesain untuk profesional bisnis, dan juga sistem komputer pertama yang didasarkan pada kemampuan sistem engineering
PC lainnya diantaranya ada STAR komersial flop, Apple LISA ditahun 1982, ide pembuatan APPLE lisa ini berdasarkan pada komputer STAR. Ditahun 1984 APPPle mengeluarkan produk machintos yang memiliki interface yang mudah digunakan dan memiliki kualitas tinggi dalam grafis dan printer laser.
WIMP adalah singkatan dari Windows, Icons, Menu, Pointer, WIMP ini bisa melakukan beberapa pekerjaan secara serempak,WIMP ini juga memiliki interface yang familiar atau terkenal. Contoh komputer yang sudah ada sistem WIMP ini diantaranya Xeroc alto, star.
Pada tahun 1982 seorang direktur lab IMK di maryland yaitu Ben Shneiderman menjabarkan pertimbangan dngan grafis berbasis interaksi. Ted Nelson berpendapat komputer bisa membantu seseorang bukan hanya dibidang bisnis, istilahnya adalah “Hypertext”. Hypertext menekankan bahwa informasi tidak hanya beralur linier tetapi seperti terminal yang terhubung.
Nicholas Negroponte merancang mesin MIT. Gagasannya wall-sized displays, videodisks, AI in interfaces (agents), speech recognition,multimedia dengan hypertext. Tindakan tidak selalu berbicara lebih keras dibanding kata-katanya, Interface digunakan sebagai mediator.
CSCW (Computer Supported Cooperative Work) sistem tunggal tidak lebih panjang.Aspek mikro sosisal yang krusial. Mark Weiser memperkenalkan “calm technology”. Seseorang bukan pengguna perangkat virtual, tetapi penghuni virtua, yang kaya akan lingkungan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar