Selasa, 23 Februari 2010

DESAIN PEMODELAN GRAFIS.


Artikel ini membahas tentang desain pemodelan suatu grafis.

Desain adalah mengatur atau merancang sesuatu sebelum dilakukan, desain sangat penting agar hasil dari sutu pekerjaan menjadi terstruktur dan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Sedangkan Grafis adalah coretan atau goresan titik garis membentuk suatu bidang atau gambar dan saling berhubungan.

Jadi desain grafis adalah,kombinasi antara gambar,foto,kata-kata atau text,grafik,angka,ilustrasi sebagai bentuk suatu komunikasi visual agar dapat menyampaikan pesan atau informasi seefeektif mungkin dan berguna bagi pemakai. Desain grafis lebih memfokkuskan pada kegiaatan merancang suatu produk dengan media foto atau gambar

Dalam proses mendesain ada beberapa aspek yang diperhitungkan salah satunya adalah aspek keindahan agar grafis terlihat indah dan menarik sehingga menarik perhatian orang banyak. Aspek ini diperoleh dari pemikiran atau kreatifitas pembuat,riset maupun hasil dari pengembangann produk sebelumnya.

Sebelumnya desain grafis hanya dapat diterapkan dimedia statis seperti buku,brosur,catalog, atau majalah. Namun sesuai perkembangan sekarang desain pemodelan grafis dapat diterapkan dibidang elektronik menggunakan beberapa software pendukung. Desain grafis juga dapat digunakan untuk menata desain lingkungan mencakup pengolahan ruang. Dalam setiap ilmu desain lainnya memiliki beberapa unsur,begitu pula dalam bidang desain grafis. Unsur-unsur tersebut salah satunya shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna.Unsur-unsur tersebut membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsipnya seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk sebuah aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Desain grafis harus dituangkan dalam bentuk konsep yang visual,karena jikan desain grafis hanya berupa idea tau konsep dalam pemikiran,maka itu tidak akan dianggap sebagai desain grafis,dengan begitu dapat disimpulkan peralatan dalam desain grafis adalah, pemikiran ide konsep tangan mata alat gambar atau jika desain grafis diimplementasikan menggunakan media elektronik alatnya berupa computer dan support software.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar