Selasa, 23 Februari 2010

GO GREEN!


Bumi kita saat ini sedang mengalami saat-saat yang paling sulit, peningkatan suhu atau yang akrab disebut global warming membawa dunia pada perubahan yang sulit diperkirakan oleh ilmu-ilmu geologi sebelumnya.

Sebelumnya mari kita bahas apa itu pemanasan global dan bagaimana pemanasan global bias terjadi. Pemanasan global terjadi akibat meningkatnya suhu permukaan bumi. Hal ini terjadi karena bumi lebih banyak menyerah energi atau panas matahari ketimbang melepaskannya kembali ke atmosfer selain itu aktivitas dibumi juga menyebabkan bumi semakin panas,atau peningkatan emisi gas sisa.

Akibatnya terjadi peningkatan suhu bumi dan pencairan kutub utara. Akibat yang paling nyata adalah Perubahan iklim memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk diantaranya kesehatan.Pemanasan global dapat meningkatkan faktor resiko dan penyakit yang mengancam kesehatan manusia secara global, diantaranya malnutrisi mengakibatkan kematian 3,7 juta jiwa per tahun, diare mengakibatkan kematian 1,9 juta jiwa, dan malaria mengakibatkan kematian 0,9 juta jiwa. Suhu yang lebih panas juga berpengaruh pada produksi makanan, ketersediaan air dan penyebaran vektor penyakit.BADAN Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa pemanasan global (global warming) akan banyak berdampak bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan. Perubahan temperatur dan curah hujan yang ditimbulkan memberikan kesempatan berbagai macam virus dan bakteri penyakit tumbuh lebih luas.
WHO mengatakan, selain virus dan bakteri penyakit berkembang pesat, secara tidak langsung pemanasan global juga dapat menimbulkan kekeringan maupun banjir.Kekeringan mengakibatkan penurunan status gizi masyarakat karena panen yang terganggu.Banjir menyebabkan meluasnya penyakit diare.

Yang paling nyata, antara lain. Kerusakan lingkungan Penyakit yang ditimbulkan oleh perubahan iklim akibat pemanasan global,Banjir,Kebakaran hutan. Hal ini berdampak terhadap kesehatan manusia, misalnya kwalitas air yang kita minum,Udara yang kita hirup,Makanan yang kita makan

Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa sedini mungkin membantu mencegah atau setidaknya tidak memperparah pemanasan global tersebut. Banyak hal kecil yang dapat dilakukan, contohnya :

1. Tanamlah pohon

Karena setiap pohon yang anda tanam dapat menyerap 1 ton CO2 .

2. Matikan peralatan elektronik ketika tidak diperlukan

Elektronik yang terus-terusan menyala mengeluarkan energy sisa yang berbahaya.

3. Menghemat kertas

Karena kertas terbuat dari kayu pohon, semakin banyak kertas maka semakin banyak pohon yang ditebang,da n itu artinya CO2 tidak dapat diserap.Untuk universitas berbasis teknologi seperti universitas Gunadarma,ide untuk menyebarkan informasi melalui studentsite sebenarnya lebih efektif dibanding mengeluarkan pengumuman melalui kertas.

4. Gunakan sepeda seefektif mungkin

Selain sehat sepeda tidak mengeluarkan zat sisa yang membuat bumi semakin panas.

5. Gunakan kembali tas belanja

Karena tas plastic yang dibuang dapat mencemari iar dan udara,juga menyumbang CO2,selain itu plastic tidak dapat musnah dalam jangka waktu 200 tahun.

6. Daur ulang

Pakai kembali sampah yang masih bisa digunakan.

7. Hindari penggunaan Tissue,

karena tissue tak dapat didaur ulang.

DLL. Selamat mencoba, dan mari kita stop global warming bersama-sama, GO GREEN!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar